«

»

Nov 10

11 Tahun InSWA untuk Indonesia

Tanpa terasa 11 tahun sudah InSWA berdiri, pada hari ini kamis 28 Oktober 2014 segenap pengurus dan teman serta sahabat kami berkumpul untuk mengadakan tasyakuran kecil, meski tidak dihadiri oleh sang ketua umum InSWA Ibu Sri Bebassari yang sedang berada di Rumah sakit untuk mendampingi suaminya menjalani operasi, namun kami semua tetap semangat berkumpul untuk melanjutkan cita-cita bersama para pendiri InSWA.

Pada 28 Oktober 2003 di Jakarta, beberapa orang yang memiliki passion dan kesamaan visi untuk mengatasi masalah persampahan di Indonesia mendirikan dan mendeklarasikan Indonesia Solid Waste Association (InSWA). Di usianya yang ke-11 tahun 2014 ini, InSWA telah berkembang menjadi sebuah organisasi yang berbasis profesionalisme agar semakin mampu menghadapi tantangan dan permasalahan persampahan yang semakin berat dan multidimensi.

Sebagai satu-satunya lembaga independen di Indonesia yang konsisten berkontribusi pada isu solid waste di tingkat nasional maupun daerah, maka terhitung mulai Januari 2013, InSWA resmi diterima sebagai National Member dari International Solid Waste Association (ISWA), lembaga induk organisasi solid waste di seluruh dunia yang bermarkas di Wina, Austria.

Organisasi asosiasi yang dipimpin oleh Sri Bebassari sebagai Ketua Umum dan Mohammad Helmy sebagai Wakil Ketua ini diperkuat oleh komposisi dewan pengurus yang memiliki puluhan tahun pengalaman dan keahlian di bidang solid waste, baik perkotaan maupun industri. Para Dewan Pengurus InSWA merupakan ahli senior yang masih aktif terlibat dalam penyusunan regulasi, kebijakan dan program di bidang pengelolaan sampah baik di Indonesia maupun regional. Peran aktif dewan pengurus didukung sepenuhnya oleh sekretariat dan para periset muda yang tergabung dalam tim Research Associate InSWA.

Untuk menjawab berbagai problema persampahan di masyarakat, InSWA hadir dengan berbagai program dan kegiatan. Cakupan program InSWA meliputi berbagai level, mulai dari penyusunan regulasi, riset aplikasi, pengembangan kapasitas dan jaringan kemitraan, hingga implementasi sistem. InSWA mengutamakan pendekatan inovasi, sustainability, dan multi-stakeholder dalam menjalankan program-programnya. Diharapkan, inisiasi berbagai program strategis tersebut dapat melahirkan entitas dan kader persampahan baru sebagai anggota asosiasi yang semakin memperkuat InSWA.

Hingga saat ini, InSWA konsisten mengedepankan integrasi multi aspek dalam pengelolaan sampah yaitu aspek hukum, kelembagaan, pendanaan, sosial budaya, dan teknologi. Fokus isu yang menjadi perhatian utama InSWA diantaranya adalah pengurangan sampah di sumber melalui upaya pengomposan yang sudah nyata-nyata dilakukan, baik oleh InSWA maupun oleh banyak daerah, juga melalui Extended Producer Responsibility (EPR), penataan sistem operasional dan penangkapan gas di TPA, dan peningkatan pola penanganan sampah oleh pemerintah daerah. Disamping itu, InSWA juga aktif terlibat dalam perumusan regulasi dan kebijakan sebagai perangkat pendukung implementasi dan operasionalisasi UU No. 18 Tahun 2008 tentang Pengelolaan Sampah, baik di tingkat nasional maupun di daerah.

Dalam menjalankan visi dan misinya, InSWA senantiasa berkolaborasi dengan berbagai pihak, baik pemerintah, swasta, LSM, maupun kelompok masyarakat. Beberapa mitra utama InSWA diantaranya adalah Kementerian Lingkungan Hidup, Kementerian Pekerjaan Umum, Dinas Kebersihan Provinsi DKI Jakarta, Badan Pengelola Lingkungan Hidup Provinsi DKI Jakarta, Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi, Badan Pengelola Lingkungan Hidup Provinsi Bali, Yayasan Kirai, Yayasan Perisai, swasta retailer modern market, swasta manufaktur plastik ramah lingkungan, dan swasta operator fasilitas pengolahan sampah.

Di lingkup internasional, InSWA juga menjalin kerjasama dengan International Solid Waste Association (ISWA), Global Methane InitiativeUnited State Environmental Protection Agency (GMI-USEPA), German International Cooperation Agency (GIZ), dan United Nation of Environmental Program (UNEP).

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>