↑ Return to Program dan Kegiatan

Studi Karakteristik dan Manajemen Persampahan

Karakteristik sampah dan pengelolaannya merupakan salah satu fokus InSWA yang bertujuan untuk mencari dan memvalidasi data tentang pengelolaan sampah dari berbagai kegiatan. Kajian jangka pendek telah dilakukan bekerja sama dengan pemerintah atau organisasi internasional.

1. Kajian Pengelolaan Sampah Pelabuhan
Studi pengelolaan sampah pelabuhan telah dilakukan pada tahun 2011 yang didanai oleh German International Cooperation (GIZ), dimana InSWA melakukan studi pengelolaan sampah pelabuhan di pelabuhan terbesar di Indonesia, Tanjung Priok, Jakarta Utara. Studi ini termasuk perkiraan jumlah dan jenis sampah di pelabuhan dan sekitarnya, termasuk yang berada di Teluk Jakarta yang berasal dari 13 sungai di Provinsi DKI Jakarta.

Tahun : 2011
Lokasi : Jakarta
Pihak terkait :

1. German International Cooperation (GIZ)
2. PT. Pelindo II (Otoritas Pelabuhan Tanjung Priok)

 

2. Kajian Keterlibatan Sektor Swasta Dalam Pengelolaan Sampah Perkotaan

Di tahun yang sama yakni tahun 2011, InSWA juga telah membantu program Danida Business Partnership untuk mengkaji partisipasi sektor swasta dalam pengelolaan sampah perkotaan melalui wawancara ke beberapa perusahaan swasta di Indonesia yang terlibat dalam sektor persampahan. Kajian tersebut mencakup kegiatan operasi TPA, daur ulang, dan gas metana di Indonesia.
Tahun : 2011
Lokasi : Jakarta, Bali, Semarang, Bekasi
Pihak yang terlibat :1. Denmark International Cooperation (Danida)
2. Sektor swasta dalam industri sampah

 

3. Studi Kajian Sampah Spesifik
Pada tahun 2011, InSWA juga melakukan kajian tentang karakteristik sampah spesifik khususnya sampah berbahaya rumah tangga. Didanai oleh Kementerian Lingkungan Hidup, hasil penelitian digunakan sebagai dasar ilmiah untuk perumusan Peraturan Pemerintah tentang Sampah Spesifik. Pengumpulan data tidak hanya dilakukan di sekitar daerah industri dan wilayah perkotaan, tetapi juga dari puing-puing bencana dengan mengambil studi kasus di Kota Yogyakarta yang pernah tertimpa bencana gempa bumi dan gunung meletus.

Tahun : 2011
Lokasi : Jakarta dan Yogyakarta
Pihak yang terlibat :Kementerian Lingkungan Hidup

 

4. Survei Sosial tentang Fasilitas Pengolahan Sampah
Pada tahun 2012, InSWA melakukan survei ke masyarakat yang tinggal di sekitar fasilitas pengolahan sampah, dengan penekanan pada aspek sosial dan komunikasi. Survei ini digunakan untuk mengembangkan strategi pemasaran sosial dan lingkungan untuk rencana penerapan teknologi tinggi dalam pengelolaan sampah perkotaan.

Tahun : 2012
Lokasi : Jakarta
Pihak yang Terlibat :

1. Sektor swasta
2. Yayasan Kirai

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>