↑ Return to Program dan Kegiatan

Green Label Indonesia

 

1. Sosialisasi Dan Apresiasi Untuk Green Label Indonesia (GLI)

Sejak tahun 2010, InSWA dengan para mitranya telah bekerjasama untuk mengembangkan program Green Label Indonesia (GLI) yang bertujuan untuk penggunaan bahan-bahan yang ramah lingkungan, khususnya kantong plastik yang mudah terurai. Oleh karena pelaksanaan kegiatan pemilahan sampah di Indonesia masih sangat terbatas, InSWA mendukung inovasi dengan membuat terobosan yaitu dengan mengurangi dampak lingkungan dari limbah plastik yang tidak mudah terurai. Namun demikian sebagai program stimulan, pada tahun 2010 dan 2011 InSWA dan Gubernur Provinsi DKI Jakarta memberikan apresiasi kepada retailer-retailer pasar modern yang telah menggunakan plastik oxo-degradable dan bio-degradable bersertifikasi InSWA dan kemasan makanan polystyrene. Tanpa merusak pentingnya proses daur ulang, apresiasi ini merupakan bentuk pernyataan kesadaran untuk mengurangi kantong plastik konvensional yang tidak mudah terurai.

Pada tahun 2012, InSWA telah memperluas program tersebut ke Provinsi Bali, dengan jenis pendekatan yang digunakan di Jakarta. Sebagaimana diketahui bahwa Bali merupakan provinsi yang terkenal sebagai ikon pariwisata, program GLI di Provinsi Bali menekankan pada penggunaan plastik yang mudah terurai di hotel-hotel, disamping melanjutkan apresiasi kepada para retailer pasar modern.

Tahun : 2010 – beberapa tahun ke depan
Lokasi : Provinsi DKI Jakarta, Provinsi Bali
Pihak yang terlibat : 1. 45 Retailer dan 5 converter di Jakarta
2. 50 Hotel dan 10 Retailer di Bali
3. Asosiasi Hotel di Bali
4. BPLHD Provinsi DKI Jakarta
5. Bappeda Provinsi Bali

 

2. Sertifikasi Bahan Aditif Plastik Mudah Terurai

Plastik mudah terurai sebenarnya bukan teknologi baru. Beberapa produk telah menggunakannya dan telah beredar di pasar. Dengan tujuan untuk menyediakan informasi yang objektif kepada konsumen, InSWA berusaha untuk menilai dan mengevaluasi beberapa dari kantong plastik yang mudah terurai. Sertifikasi ini dibuat menggunakan verifikasi pengujian material oleh Sentra Teknologi Polimer dan Bioteknologi Laboratorium, laboratorium terakreditasi yang dimiliki oleh Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT). Sebuah kesepakatan telah disetujui antara InSWA dan BPPT untuk mengembangkan dan memperbaiki program Green Label Indonesia (GLI). Hingga sekarang, hanya OXIUM (bahan aditif plastik yang mudah terurai) dan ECOPLAS (plastik dari pati singkong) produk plastik mudah terurai bersertifikasi yang memenuhi kriteria GLI InSWA. Kantong plastik yang menggunakan bahan-bahan tersebut dapat terurai dalam waktu 2 tahun sementara sampah polystyrene / kemasan makanan dari bahan styrofoam akan terurai dalam waktu 4 tahun.

Tahun : 2010 – beberapa tahun ke depan
Lokasi : Jakarta
Pihak terkait : 1. Laboratorium Bioteknologi, BPPT
2. Laboratorium Sentra Teknologi Polimer, BPPT
3. 1 perusahaan swasta (produsen OXIUM dan ECOPLAS)

 

3. Plastik Mudah Terurai Untuk Pasar Tradisional
Di samping menggunakan plastik mudah terurai di pasar modern, InSWA juga berusaha untuk mengurangi pengunaan kantong plastik sulit terurai di pasar tradisional. Langkah ini sangat strategis karena sekitar 70% dari plastik sulit terurai berasal dari kegiatan-kegiatan di pasar tradisional. Bekerjasama dengan BPLHD Provinsi DKI Jakarta, InSWA telah melaksanakan sebuah proyek percontohan di tiga pasar tradisional di Jakarta. Ketiga pasar tersebut adalah Pasar Rawamangun, pasar Klender SS, dan pasar Klender pada tahun 2011. Untuk harga yang pantas, sebuah kantong plastik yang mudah terurai menggunakan bahan OXTRA yang diperkenalkan kepada para pedagang. Dari pengalaman menunjukkan bahwa para pedagang di pasar tradisional harus menggunakan pendekatan yang mencakup aspek mikro ekonomi, disamping meningkatkan kesadaran lingkungan. Akhir tahun 2012, InSWA akan mengadakan program peningkatan kesadaran kepada para pedagang di pusat perbelanjaan modern.
Tahun : 2011
Lokasi : Provinsi DKI Jakarta

Pihak yang terkait :
1. Tiga pasar tradisional
2. BPLHD Provinsi DKI Jakarta
3. Satu  perusahaan swasta (produsen OXTRA)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>