↑ Return to TPST Rawasari

Dropping Center Styrofoam

InSWA bersama BPLHD DKI Jakarta telah berinisiatif dalam melakukan perencanaan kegiatan Extended Producer Responsibility (EPR) melalui diskusi terbatas guna merumuskan dan menyusun panduan untuk pelaksanaan EPR, khususnya program pengembangan dropping center. Dropping center merupakan proses  pengumpulan limbah produk dan kemasan di tempat-tempat tertentu guna dikembalikan kepada produsen untuk dikelola. Dropping Centre dapat menjadi salah satu alternatif yang sangat baik dalam upaya pengumpulan kembali limbah produk dan kemasan untuk ditarik kembali oleh produsen. Selain dropping center, program EPR juga mencakup pengembangan penggunaan kantong plastik yang mudah terurai (degradable plastic).

Selama periode Juli 2012, fokus kegiatan adalah uji coba sistem pengumpulan kembali sampah polystyrene di TPST Rawasari. Peresmian lokasi dropping center tersebut dilakukan tanggal 6 Juli 2012 oleh Dinas Kebersihan DKI Jakarta. Adapun pelaksanaan uji coba telah dimulai sejak 17 Juni 2012. Kegiatan uji coba berlangsung lancar dimulai dari pemilahan secara terpusat oleh petugas TPST Rawasari. Proses pemilahan dimulai dari TPST Rawasari, bersamaan dengan pemilahan untuk proses pengomposan. Sampah polystyrene yang masuk ke dropping center Rawasari berasal dari 5 RT pemukiman di sekitar TPST. Jumlahnya sekitar 9 gerobak dengan volume masing-masing sekitar 1 m3 per hari atau total 3 ton/hari.

Sampah polystyrene yang terkumpul kemudian dipisahkan di area tertentu sebelum dilakukan proses selanjutnya. Setelah dipilah, sampah polystyrene yang berupa sampah kemasan makanan dan minuman dicuci hingga bersih. Pada bulan Agustus ini pencucian sudah dilakukan secara manual oleh para petugas lapangan. Setelah dicuci, sampah polystyrene dikeringkan secara alami, sebelum kemudian dicacah menggunakan penghancur kertas sederhana. Hasil cacahan yang mirip seperti potongan kentang goreng (french fries), kemudian ditimbang dan dikemas. Berdasarkan hasil pengumpulan selama sekitar 2 (dua) bulan dari 5 RT, diperoleh sampah polystyrene sejumlah 13,8 kg.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>