Project Based Learning (PBL) Kelas 7 Sekolah Alam Cikeas, Belajar Sampah di TPST Rawasari

http://inswa.or.id/wp-content/uploads/2014/03/PBL-tile.jpg
Pada 3-5 Maret 2014 lalu, TPST Rawasari dan Kelurahan Cempaka Putih Timur menjadi lokasi kegiatan PBL semester kedua siswa kelas 7 SAC. Di semester pertama, mereka telah melaksanakan PBL ke Muara Angke dan Pulau Rambut. Di sana mereka mengukur kualitas air, melihat sendiri bagaimana sampah menutupi sungai, lalu menyebar ke muara dan laut, membahayakan kehidupan makhluk hidup; burung dan ikan, mengancam pendapatan para nelayan dan kualitas hidup masyarakat setempat.

PBL kedua ini mereka mencari tahu solusi permasalahan sampah sehingga sampah tidak mengancam lingkungan, tidak menutupi saluran air, tidak terbuang ke tempat-tempat ilegal.

Di TPST Rawasari, anak2 belajar mengelola sampah skala kawasan dan rumah tangga; mulai dari mengangkut sampah, memilah, hingga mengolah dengan proses pengomposan..mereka juga melakukan studi jenis dan komposisi sampah, mengetahui peran serta masyarakat, aspek kelembagaan dan pembiayaan dalam pengelolaan sampah di tingkat masyarakat.

Anak-anak belajar bahwa setiap orang harus bertanggungjawab terhadap sampahnya, sampah bukan sesuatu yang menakutkan dan menjijikkan, bahkan bisa memberi manfaat buat kita semua jika dikelola dengan baik.

Dengan memberikan pembelajaran sejak dini terhadap perlunya kelestarian lingkungan khususnya pengolahan sampah, diharapkan anak-anak akan lebih terbangun kesadarannya, mengingat mereka adalah generasi penerus yang akan memikul tanggung jawab akan kelangsungan bumi ini dimasa yang akan datang

That was a great experience..bring a lot of happiness to share with great wonderful children..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *